Melongok Implementasi Kurikulum 2013 pada SD sasaran

Implementasi Kurikulum 2013 yang sudah berjalan pada beberapa sekolah yang menjadi Pilot Project merupakan langkah awal Kemdikbud dalam mempersiapkan anak bangsa ini menuju pada tataran perubahan yang dapat menyesuaikan perkembangkan jaman dan kebutuhan lokal. 
Pada awal implementasi sekitar enam ribu lebih SD sasaran seluruh Indonesia sudah menjadi piloting kurikulum 2013, yang mana sekolah tersebut saat ini sudah masuk pada semeter ke dua. 
Berdasarkan hasil monotoring dan evaluasi terhadap implementasi tsb, dapat diperoleh kesimpulan awak bahwa seorang guru masih perlu banyak membaca dan berlatih khususnya terhadap Sistem Penilaian di SD.
Ketika kita melihat raport yang sudah dibagikan kepada peserta didik, orang tua dapat melihat laporan hasil anaknya selama satu semester, dimana raport tsb berupa DESKRIPSI, dan tidak ada angka sama sekali..

Apakah perolehan nilai dan pengisian nilai pada raport sudah benar?
 Tentu sulit manjawabnya.... 
Bagi mereka yang pemahamannya masi sampai disitu, maka itu dikatakan benar, akan tetapi jika meraka memahaminya berbeda hal itu akan menjadi salah. Namun jika kita jujr bahwa raport yang diberikan pada siswa semester 1 masih perlu pembenahan untuk semester 2,. Coba kita lihat , misalnya Kelas1, pada Permendikbud No 67 tahun 2013 dinyatakan bahwa muatan mata pelajaran yang ada pada kelas tsb adalah Pend Agama dan Budi Pekerti, PPKn, Bhs Indonesia, Matematika, SBDP, dan PJOK, serta Bhs Jawa yang dapat dimasukkan menjadi Muatan Lokal karena sudah di SK kan oleh Gubernur Jatim.
Namum jika kita melihat raport, maka muatan mapel yang dideskripsikan oleh guru TIDAK sejumlah muatan mapel pada kelas tsb, artinya pada muatan mata pelajaran tertentu siswa belum memperoleh laporan dari guru. Inilah yang menjadi tugas para Kepala Sekolah dan Pengawas dalam mendapingi gurunya.
Lalu.....
Bagaimana dengan pemahaman Kepala Sekolah dan Pengawas terhadap Kurl 2013?
Ya.... mari kita bertanya pada rumput yang bergoyang.. (Ebiet GAD)
Sekelumit informasi tetang Kurikulum 13. (silakan download)
Permendikbud 81A



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bintek PKG - PKB bagi Kepala Sekolah Dasar se Kab. Trenggalek

Sasaran Kinerja Pegawai Negeri Sipil,(SKP) dan Aplikasi Raport K 2013 Smt I tahun 2014/2015